15 Kode Error Printer Canon MP287 dan Cara Mengatasinya

Artanabil

Kode Error Printer Canon MP287

Kode Error Printer Canon MP287 – Printer Canon MP287 adalah salah satu printer multifungsi yang populer di kalangan pengguna. Printer ini memiliki fitur print, scan, dan copy yang cukup lengkap dan mudah digunakan. Namun, tidak ada barang yang sempurna, termasuk printer. Printer Canon MP287 juga bisa mengalami masalah atau error yang mengganggu kinerjanya.

Apakah kamu pernah mengalami error pada printer Canon MP287? Apa saja kode error yang sering muncul pada printer ini? Bagaimana cara mengatasinya? Jangan khawatir, di artikel ini, kami akan menjelaskan kode error printer Canon MP287 dan cara mengatasinya. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Kode Error Printer Canon MP287

Ditinggal error pas lagi sayang sayange.. Hmm Santai. Bisa saja ini sebenarnya masalah sepele pada Canon MP287 Kalian kok. eh..

Kode error printer Canon MP287 yakni kode tertentu yang muncul pada layar LED printer saat printer tidak bisa berfungsi dengan normal. Kode error ini memberikan informasi tentang jenis atau sumber masalah yang terjadi pada printer. Dengan mengetahui kode error ini, kita bisa mengetahui langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah printer.

Kode error pada printer Canon MP287 biasanya terdiri dari dua jenis, yaitu kode error P dan E. Kode error P menunjukkan masalah pada bagian mekanik atau hardware printer, seperti cartridge, roller, encoder, dll. Kode error E menunjukkan masalah pada bagian elektronik atau software printer, seperti ink absorber, EEPROM, dll.

Setiap kode error memiliki arti dan solusi yang berbeda-beda. Berikut ini adalah daftar kode error printer jenis Canon MP287 dan cara mengatasinya.

1. Kode Error P02

Mari Mulai yang pertama yakni saat muncul Kode error P02 pada printer Canon MP287. Ini menunjukkan adanya masalah pada pergerakan cartridge yang terhalang oleh benda asing. Kode error ini biasanya disertai dengan suara berisik atau berdenting saat printer mencetak. Kode error ini juga sering muncul pada printer Canon MP258 atau sejenisnya.

Cara mengatasi kode error P02 adalah sebagai berikut:

  • Cek roller atau ASF printer, yaitu bagian yang berfungsi menarik kertas dari paper tray. Pastikan tidak ada benda asing atau sobekan kertas yang mengganggu kerja roller. Bersihkan roller jika kotor atau berdebu.
  • Cek encoder printer, yaitu bagian yang berfungsi mengatur pergerakan cartridge. Encoder berbentuk pita plastik tipis yang membentang di belakang cartridge. Pastikan encoder tidak kotor, basah, atau robek. Bersihkan encoder dengan kain lembut atau tisu jika perlu.
  • Jika printer sudah dimodifikasi dengan infus, cek selang infus yang menghubungkan cartridge dengan tangki tinta. Pastikan selang infus tidak menghalangi pergerakan cartridge. Atur posisi selang infus agar tidak terlalu kencang atau kendur.

2. Kode Error P03

Kode error P03 pada printer Canon MP287 menunjukkan adanya masalah pada line feed, yaitu bagian yang berfungsi mengatur jarak antara baris saat mencetak. Kode error ini biasanya disebabkan oleh kerusakan pada sensor line feed atau board printer.

Cara mengatasi kode error P03 adalah sebagai berikut:

  • Cek sensor line feed, yaitu bagian yang berbentuk kotak hitam kecil yang terletak di sebelah kiri printer. Pastikan sensor line feed tidak kotor, basah, atau rusak. Bersihkan sensor line feed dengan kain lembut atau tisu jika perlu.
  • Cek board printer, yaitu bagian yang berfungsi sebagai otak printer. Board printer berbentuk papan sirkuit yang terletak di dalam printer. Pastikan board printer tidak kotor, basah, atau rusak. Bersihkan board printer dengan kain lembut atau tisu jika perlu.
  • Jika cara di atas tidak berhasil, kemungkinan besar board printer harus diganti. Bawa printer ke service center resmi Canon untuk perbaikan lebih lanjut.

Kode Error Mesin Cuci Samsung, Penyebab dan Cara Mengatasinya

3. Kode Error P05

Kode error P05 pada printer Canon MP287 menunjukkan adanya masalah pada cartridge tinta warna. Kode error ini biasanya disebabkan oleh cartridge tinta yang tidak terpasang dengan benar, tidak terdeteksi oleh printer, atau rusak. Kode error ini juga sering muncul pada printer Canon MP258 atau sejenisnya.

Cara mengatasi kode error P05 adalah sebagai berikut:

  • Cek cartridge tinta warna, yaitu bagian yang berisi tinta warna yang digunakan untuk mencetak. Pastikan cartridge tinta warna terpasang dengan benar dan presisi. Lepas dan pasang kembali cartridge tinta warna jika perlu.
  • Cek chip cartridge, yaitu bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara cartridge dan printer. Chip cartridge berbentuk kotak kecil yang terletak di bagian bawah cartridge. Pastikan chip cartridge tidak kotor, basah, atau rusak. Bersihkan chip cartridge dengan kain lembut atau tisu jika perlu.
  • Jika cara di atas tidak berhasil, kemungkinan besar cartridge tinta warna harus diganti. Beli cartridge tinta warna yang sesuai dengan tipe printer. Jangan menggunakan cartridge tinta yang tidak asli atau refill.

4. Kode Error P06

Kode error P06 pada printer Canon MP287 menunjukkan adanya masalah pada cartridge tinta hitam. Kode error ini biasanya disebabkan oleh cartridge tinta yang tidak terpasang dengan benar, tidak terdeteksi oleh printer, atau rusak. Kode error ini juga sering muncul pada printer Canon MP258 atau sejenisnya.

Cara mengatasi kode error P06 adalah sebagai berikut:

  • Cek cartridge tinta hitam, yaitu bagian yang berisi tinta hitam yang digunakan untuk mencetak. Pastikan cartridge tinta hitam terpasang dengan benar dan presisi. Lepas dan pasang kembali cartridge tinta hitam jika perlu.
  • Cek chip cartridge, yaitu bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara cartridge dan printer. Chip cartridge berbentuk kotak kecil yang terletak di bagian bawah cartridge. Pastikan chip cartridge tidak kotor, basah, atau rusak. Bersihkan chip cartridge dengan kain lembut atau tisu jika perlu.
  • Jika cara di atas tidak berhasil, kemungkinan besar cartridge tinta hitam harus diganti. Beli cartridge tinta hitam yang sesuai dengan tipe printer. Jangan menggunakan cartridge tinta yang tidak asli atau refill.

Cara Melacak iPhone Hilang Tanpa iCloud

5. Kode Error P07

Kode error P07 pada printer Canon MP287 menunjukkan adanya masalah pada ink absorber, yaitu bagian yang berfungsi menyerap tinta berlebih yang berasal dari proses cleaning atau head cleaning. Kode error ini biasanya disebabkan oleh ink absorber yang sudah penuh atau melebihi batas kapasitasnya. Kode error ini juga sering muncul pada printer Canon MP258 atau sejenisnya.

Cara mengatasi kode error P07 adalah sebagai berikut:

  • Cek ink absorber, yaitu bagian yang berbentuk spons yang terletak di bagian bawah printer. Pastikan ink absorber tidak kotor, basah, atau rusak. Bersihkan ink absorber dengan kain lembut atau tisu jika perlu.
  • Cek counter ink absorber, yaitu bagian yang berfungsi menghitung jumlah tinta yang diserap oleh ink absorber. Counter ink absorber bisa direset dengan cara menekan tombol power dan stop/reset secara bersamaan selama beberapa detik. Setelah itu, layar LED printer akan menampilkan angka 0, yang berarti counter ink absorber sudah direset.
  • Jika cara di atas tidak berhasil, kemungkinan besar ink absorber harus diganti. Bawa printer ke service center resmi Canon untuk perbaikan lebih lanjut.

6. Kode Error P08

Kode error P08 pada printer Canon MP287 menunjukkan adanya masalah pada temperature head, yaitu bagian yang berfungsi mengatur suhu pada head printer. Kode error ini biasanya disebabkan oleh head printer yang terlalu panas atau rusak. Kode error ini juga sering muncul pada printer Canon MP258 atau sejenisnya.

Cara mengatasi kode error P08 adalah sebagai berikut:

  • Cek head printer, yaitu bagian yang berfungsi menyemprotkan tinta ke kertas saat mencetak. Head printer berbentuk kotak yang terletak di dalam cartridge. Pastikan head printer tidak kotor, basah, atau rusak. Bersihkan head printer dengan kain lembut atau tisu jika perlu.
  • Cek kipas pendingin, yaitu bagian yang berfungsi mendinginkan suhu pada printer. Kipas pendingin berbentuk baling-baling yang terletak di belakang printer. Pastikan kipas pendingin tidak kotor, berdebu, atau rusak. Bersihkan kipas pendingin dengan kain lembut atau tisu jika perlu.
  • Jika cara di atas tidak berhasil, kemungkinan besar head printer harus diganti. Bawa printer ke service center resmi Canon untuk perbaikan lebih lanjut.

7. Kode Error P10

Kode error P10 pada printer Canon MP287 menunjukkan adanya masalah pada logic board, yaitu bagian yang berfungsi sebagai pengatur kerja printer. Kode error ini biasanya disebabkan oleh logic board yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik. Kode error ini juga sering muncul pada printer Canon MP258 atau sejenisnya.

Cara mengatasi kode error P10 adalah sebagai berikut:

  • Cek logic board, yaitu bagian yang berbentuk papan sirkuit yang terletak di dalam printer. Pastikan logic board tidak kotor, basah, atau rusak. Bersihkan logic board dengan kain lembut atau tisu jika perlu.
  • Cek kabel data, yaitu bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara logic board dan cartridge. Kabel data berbentuk pita plastik tipis yang terletak di sebelah cartridge. Pastikan kabel data tidak kotor, basah, atau rusak. Bersihkan kabel data dengan kain lembut atau tisu jika perlu.
  • Jika cara di atas tidak berhasil, kemungkinan besar logic board harus diganti. Bawa printer ke service center resmi Canon untuk perbaikan lebih lanjut.

8. Kode Error E03

Kode error E03 pada printer Canon MP287 menunjukkan adanya masalah pada paper jam, yaitu kondisi di mana kertas macet atau tidak bisa keluar saat mencetak. Kode error ini biasanya disebabkan oleh kertas yang tidak rata, terlipat, atau terlalu tebal. Kode error ini juga sering muncul pada printer Canon MP258 atau sejenisnya.

Cara mengatasi kode error E03 adalah sebagai berikut:

  • Cek kertas yang digunakan untuk mencetak. Pastikan kertas tidak kotor, basah, atau rusak. Gunakan kertas yang sesuai dengan spesifikasi printer. Jangan menggunakan kertas yang terlalu tebal, terlalu tipis, atau bergaris.
  • Cek paper tray, yaitu bagian yang berfungsi menyimpan kertas yang akan dicetak. Pastikan paper tray tidak kotor, berdebu, atau rusak. Bersihkan paper tray dengan kain lembut atau tisu jika perlu.
  • Cek paper output, yaitu bagian yang berfungsi mengeluarkan kertas yang sudah dicetak. Pastikan paper output tidak kotor, berdebu, atau rusak. Bersihkan paper output dengan kain lembut atau tisu jika perlu.
  • Jika ada kertas yang macet di dalam printer, cabut kabel power printer dan buka penutup printer. Tarik kertas yang macet dengan hati-hati dan pastikan tidak ada sisa kertas yang tertinggal. Tutup kembali penutup printer dan nyalakan kembali printer.

Cara Memasang Dan Mengaktifkan GPS di Kendaraan

9. Kode Error E04

Kode error E04 pada printer Canon MP287 menunjukkan adanya masalah pada cartridge tinta warna. Kode error ini biasanya disebabkan oleh cartridge tinta yang tidak terpasang dengan benar, tidak terdeteksi oleh printer, atau rusak. Kode error ini juga sering muncul pada printer Canon MP258 atau sejenisnya.

Cara mengatasi kode error E04 adalah sama dengan cara mengatasi kode error P05, yaitu:

  • Cek cartridge tinta warna, yaitu bagian yang berisi tinta warna yang digunakan untuk mencetak. Pastikan cartridge tinta warna terpasang dengan benar dan presisi. Lepas dan pasang kembali cartridge tinta warna jika perlu.
  • Cek chip cartridge, yaitu bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara cartridge dan printer. Chip cartridge berbentuk kotak kecil yang terletak di bagian bawah cartridge. Pastikan chip cartridge tidak kotor, basah, atau rusak. Bersihkan chip cartridge dengan kain lembut atau tisu jika perlu.
  • Jika cara di atas tidak berhasil, kemungkinan besar cartridge tinta warna harus diganti. Beli cartridge tinta warna yang sesuai dengan tipe printer. Jangan menggunakan cartridge tinta yang tidak asli atau refill.

10. Kode Error E05

Kode error E05 pada printer Canon MP287 menunjukkan adanya masalah pada cartridge tinta hitam. Kode error ini biasanya disebabkan oleh cartridge tinta yang tidak terpasang dengan benar, tidak terdeteksi oleh printer, atau rusak. Kode error ini juga sering muncul pada printer Canon MP258 atau sejenisnya.

Cara mengatasi kode error E05 adalah sama dengan cara mengatasi kode error P06, yaitu:

  • Cek cartridge tinta hitam, yaitu bagian yang berisi tinta hitam yang digunakan untuk mencetak. Pastikan cartridge tinta hitam terpasang dengan benar dan presisi. Lepas dan pasang kembali cartridge tinta hitam jika perlu.
  • Cek chip cartridge, yaitu bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara cartridge dan printer. Chip cartridge berbentuk kotak kecil yang terletak di bagian bawah cartridge. Pastikan chip cartridge tidak kotor, basah, atau rusak. Bersihkan chip cartridge dengan kain lembut atau tisu jika perlu.
  • Jika cara di atas tidak berhasil, kemungkinan besar cartridge tinta hitam harus diganti. Beli cartridge tinta hitam yang sesuai dengan tipe printer. Jangan menggunakan cartridge tinta yang tidak asli atau refill.

11. Kode Error E08

Kode error E08 pada printer Canon MP287 menunjukkan adanya masalah pada ink absorber, yaitu bagian yang berfungsi menyerap tinta berlebih yang berasal dari proses cleaning atau head cleaning. Kode error ini biasanya disebabkan oleh ink absorber yang sudah penuh atau melebihi batas kapasitasnya. Kode error ini juga sering muncul pada printer Canon MP258 atau sejenisnya.

Cara mengatasi kode error E08 adalah sama dengan cara mengatasi kode error P07, yaitu:

  • Cek ink absorber, yaitu bagian yang berbentuk spons yang terletak di bagian bawah printer. Pastikan ink absorber tidak kotor, basah, atau rusak. Bersihkan ink absorber dengan kain lembut atau tisu jika perlu.
  • Cek counter ink absorber, yaitu bagian yang berfungsi menghitung jumlah tinta yang diserap oleh ink absorber. Counter ink absorber bisa direset dengan cara menekan tombol power dan stop/reset secara bersamaan selama beberapa detik. Setelah itu, layar LED printer akan menampilkan angka 0, yang berarti counter ink absorber sudah direset.
  • Jika cara di atas tidak berhasil, kemungkinan besar ink absorber harus diganti. Bawa printer ke service center resmi Canon untuk perbaikan lebih lanjut.

12 Kode Error E13

Kode error E13 pada printer Canon MP287 menunjukkan adanya masalah pada tinta yang habis atau kosong. Kode error ini biasanya disebabkan oleh cartridge tinta yang sudah tidak memiliki tinta atau tinta yang tidak cukup untuk mencetak. Kode error ini juga sering muncul pada printer Canon MP258 atau sejenisnya.

Cara mengatasi kode error E13 adalah sebagai berikut:

  • Cek cartridge tinta, yaitu bagian yang berisi tinta yang digunakan untuk mencetak. Pastikan cartridge tinta masih memiliki tinta yang cukup untuk mencetak. Jika tinta sudah habis atau kosong, ganti cartridge tinta dengan yang baru.
  • Cek level tinta, yaitu bagian yang berfungsi menunjukkan jumlah tinta yang tersisa di dalam cartridge. Level tinta bisa dicek dengan cara menekan tombol stop/reset selama beberapa detik. Setelah itu, layar LED printer akan menampilkan angka yang menunjukkan level tinta. Jika angka yang muncul adalah 0, berarti tinta sudah habis atau kosong.
  • Jika cara di atas tidak berhasil, kemungkinan besar ada masalah pada sensor tinta atau board printer. Bawa printer ke service center resmi Canon untuk perbaikan lebih lanjut.

13. Kode Error E14

Kode error E14 pada printer Canon MP287 menunjukkan adanya masalah pada cartridge tinta warna. Kode error ini biasanya disebabkan oleh cartridge tinta yang tidak terpasang dengan benar, tidak terdeteksi oleh printer, atau rusak. Kode error ini juga sering muncul pada printer Canon MP258 atau sejenisnya.

Cara mengatasi kode error E14 adalah sama dengan cara mengatasi kode error P05, yaitu:

  • Cek cartridge tinta warna, yaitu bagian yang berisi tinta warna yang digunakan untuk mencetak. Pastikan cartridge tinta warna terpasang dengan benar dan presisi. Lepas dan pasang kembali cartridge tinta warna jika perlu.
  • Cek chip cartridge, yaitu bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara cartridge dan printer. Chip cartridge berbentuk kotak kecil yang terletak di bagian bawah cartridge. Pastikan chip cartridge tidak kotor, basah, atau rusak. Bersihkan chip cartridge dengan kain lembut atau tisu jika perlu.
  • Jika cara di atas tidak berhasil, kemungkinan besar cartridge tinta warna harus diganti. Beli cartridge tinta warna yang sesuai dengan tipe printer. Jangan menggunakan cartridge tinta yang tidak asli atau refill.

14. Kode Error E15

Kode error E15 pada printer Canon MP287 menunjukkan adanya masalah pada cartridge tinta hitam. Kode error ini biasanya disebabkan oleh cartridge tinta yang tidak terpasang dengan benar, tidak terdeteksi oleh printer, atau rusak. Kode error ini juga sering muncul pada printer Canon MP258 atau sejenisnya.

Cara mengatasi kode error E15 adalah sama dengan cara mengatasi kode error P06, yaitu:

  • Cek cartridge tinta hitam, yaitu bagian yang berisi tinta hitam yang digunakan untuk mencetak. Pastikan cartridge tinta hitam terpasang dengan benar dan presisi. Lepas dan pasang kembali cartridge tinta hitam jika perlu.
  • Cek chip cartridge, yaitu bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara cartridge dan printer. Chip cartridge berbentuk kotak kecil yang terletak di bagian bawah cartridge. Pastikan chip cartridge tidak kotor, basah, atau rusak. Bersihkan chip cartridge dengan kain lembut atau tisu jika perlu.
  • Jika cara di atas tidak berhasil, kemungkinan besar cartridge tinta hitam harus diganti. Beli cartridge tinta hitam yang sesuai dengan tipe printer. Jangan menggunakan cartridge tinta yang tidak asli atau refill.

15 Kode Error E16

Kode error E16 pada printer Canon MP287 menunjukkan adanya masalah pada tinta yang habis atau kosong. Kode error ini biasanya disebabkan oleh cartridge tinta yang sudah tidak memiliki tinta atau tinta yang tidak cukup untuk mencetak. Kode error ini juga sering muncul pada printer Canon MP258 atau sejenisnya.

Cara mengatasi kode error E16 adalah sama dengan cara mengatasi kode error E13, yaitu:

  • Cek cartridge tinta, yaitu bagian yang berisi tinta yang digunakan untuk mencetak. Pastikan cartridge tinta masih memiliki tinta yang cukup untuk mencetak. Jika tinta sudah habis atau kosong, ganti cartridge tinta dengan yang baru.
  • Cek level tinta, yaitu bagian yang berfungsi menunjukkan jumlah tinta yang tersisa di dalam cartridge. Level tinta bisa dicek dengan cara menekan tombol stop/reset selama beberapa detik. Setelah itu, layar LED printer akan menampilkan angka yang menunjukkan level tinta. Jika angka yang muncul adalah 0, berarti tinta sudah habis atau kosong.
  • Jika cara di atas tidak berhasil, kemungkinan besar ada masalah pada sensor tinta atau board printer. Bawa printer ke service center resmi Canon untuk perbaikan lebih lanjut.

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang kode error printer Canon MP287 dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu dalam mengatasi masalah printer. Jika kamu memiliki pertanyaan atau saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa di artikel sel

Tags:

Share:

Related Post

Leave a Comment